Sabtu, 26 Maret 2011

JABAL RAHMAH

JABAL RAHMAH, TEMPAT BERTEMUNYA NABI ADAM DAN SITI HAWA SETELAH BERTAHUN2 DITURUNKAN KE DUNIA.....




Apabila kita berumroh atau berhaji, kita bisa berkunjung ke Jabal Rahmah. Jabal Rahmah berada di bagian timur Padang Arafah di kota Mekkah Arab Saudi. Sesuai dengan namanya, jabal berarti sebuah bukit atau gunung, sementara Rahmah adalah kasih sayang. Bukit ini diyakini sebagai tempat bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa setelah mereka dipisahkan dan diturunkan dari syurga oleh Allah SWT selama bertahun-tahun, karena melakukan kesalahan memakan buah khuldi yang terlarang.



Konon berdasarkan cerita ahli sejarah, Nabi Adam diturunkan di negeri India, sedangkan Siti Hawa diturunkan di Irak. Setelah keduanya bertaubat untuk memohon ampun, akhirnya atas ijin Allah mereka dipertemukan di bukit ini. Setelah pertemuan ini, Adam dan Hawa melanjutkan hidup mereka dan melahirkan anak-anak keturunanya.


Jabal Rahmah juga merupakan tempat wahyu terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, tatkala melakukan wukuf. Wahyu tersebut termuat dalam QS Al-Maidah (5) : 3, “Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Ku sempurnakan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku ridhai Islam itu jadi agama bagimu. ….."




Jabal Rahmah diyakini menjadi tempat memanjatkan do'a. Terutama do'a dan hajat yang berkaitan dengan keluarga. Misalnya ingin mendapat pasangan,dikarunia anak yang sholeh dan sholehah, atau berdoa agar keluarga yang dibangun Sakinah Mawaddah Warahmah.


Seperti layaknya tempat wisata, begitu kita turun dari bus, banyak pedagang menyambut menawarkan dagangannya. Dan yang khas adalah pemilik unta berhias, yang menawarkan jasa menyewakan unta untuk sekedar berfoto atau menaikinya. Dengan membayar 5 Real (1 Real = -+ Rp. 2500,-).




Tidak ada komentar: